Senin, 09 April 2012

 12 TAMAN LAUT TERINDAH DI DUNIA

       Diving adalah salah satu kegiatan terbaik untuk dilakukan saat Anda berada di sebuah pulau tropis yang menyenangkan. Di bawah laut, tempat dimana terumbu karang tumbuh dan  dipenuhi kehidupan, beragam ikan dan tanaman yang berwarna-warni indah. 
      Jika Anda ingin memulai atau mencari tempat baru untuk dikunjungi, di sini adalah daftar dari beberapa tempat terbaik untuk menyelam di seluruh dunia:

1. Bali, Indonesia
Bali yang indah, eksotis adalah permata di Indonesia dan surga untuk berbagai kegiatan pariwisata. Dari resor mewah untuk spa, rekreasi ke alam liar, pulau ini merupakan tujuan lengkap. Banyak penyelam dari berbagai negara yang datang ingin menjelajahi keanekaragaman hayati laut terbaik kelas dunia.


http://blog.ratestogo.com/wp-content/uploads/2008/06/scuba2.jpg
http://www.ecosea.com/Scuba%20Diving/Bali%20dive%20Reef%20picture.jpg


2. The Blue Hole
The Blue Hole di Belize adalah salah satu tempat menyelam yang paling terkenal di dunia. Situs ini semakin terkenal setelah Jacques Cousteau, yang menyatakan bahwa salah satu tempat menyelam terbaik sepuluh di dunia. Anda dapat menyelam di perairan pirus dan melihat beberapa jenis hiu karang, hiu martil dan hiu banteng.

http://www.nomadicmatt.com/images/scuba1.jpg
http://www.colemangallery.com/Images/M21F_Nurse_Shark_Blue_Hole.jpg




3. Thailand
Thailand memiliki beberapa tempat menyelam terkenal: Phuket, Ko Tao, Kepulauan Similan dan Kepulauan Surin. Anda dapat  menyelam di mana saja di negara ini, tapi tempat menyelam terbaik adalah di dekat Ko Tao dan Similans. Selain itu, Ko Tao adalah tempat yang relatif murah apabila anda ingin belajar menyelam.


http://www.nomadicmatt.com/images/scuba2.jpg
http://images.brisbanetimes.com.au/2009/11/10/848142/Koh-Tao-Diving-420x0.jpg
http://www.kohtao-diving.com/wp-content/gallery/site-pictures-of-koh-tao-diving/scuba-diving-koh-tao.jpg

4. Gili Islands
Pulau Gili di kawasan Sumbawa Indonesia adalah spot menyelam yang tergolong  baru. Terumbu karang dan perairan di sini menyediakan berbagai atraksi visual taman bawah laut yang menakjubkan. Dan tentunya dengan cost yang lebih murah dibandingkan Bali, Gili Island layak menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi.


http://www.nomadicmatt.com/images/scuba3.jpg
http://www.giliislandsdiving.com/images/CORAL1.jpg

5. Palau, Micronesia
Dengan jarak 90 mil dari coral lagoon, hidup lebih dari 1.000 jenis ikan barracuda, hiu, dan ubur-ubur. Pulau-pulau yang membentuk Palau di Mikronesia adalah tempat yang tepat untuk menyelam. Sebuah surga di atas air, sehingga, Palau adalah salah satu dari sedikit tempat tersisa di bumi di mana Anda merasa satu juta mil jauhnya dari peradaban.

http://blog.ratestogo.com/wp-content/uploads/2008/06/scuba4.jpg

6. Sipadan
Terletak di Malaysia, Sipadan mungkin adalah salah satu dari sepuluh situs top penyelaman di dunia. Tempat itu dipenuhi dengan kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Anda akan dapat melihat penyu, sistem gua, hiu, lumba-lumba,.... menjelajahi peradaban ikan, ikan karang, penuh warna-warni cerah.

http://www.nomadicmatt.com/images/scuba4.jpg

7. Great Barrier Reef, Australia
Salah satu keajaiban dunia yang luar biasa, Great Barrier Reef yang tak tertandingi. Benar-benar pemandangan elok yang menyajikan barisan karang terbesar didunia ditengah lautan yang biru. Ada beberapa cara untuk melihat dan menjelajahi Great Barrier Reef, tetapi untuk yang profesional, salah satunya adalah dengan cara menyelam. Great Barrier Reef terkenal sebagai tempat sentral untuk mengamati kehidupan air kaleidoskopik.


http://blog.ratestogo.com/wp-content/uploads/2008/06/scuba3.jpg

8. Hawaii
Hawaii memiliki beberapa spot menyelam. Kepulauan ini dikelilingi oleh terumbu karang dan satwa liar. Wilayah utara kepulauan itu dibuat sebagai cadangan laut terbesar di Amerika Serikat, memberikan spot menyelam yang bagus hingga di tahun-tahun mendatang.

http://www.nomadicmatt.com/images/scuba9.jpg

9. Boracay
Terletak di Filipina, surga tropis ini juga surga menyelam. Anda akan menemukan semua ada di sini, begitu banyak sistem terumbu karang. Jika Anda sudah selesai berenang di bawah laut, anda dapat menikmati pantai-pantai di atas air.

http://www.travelasianplaces.com/images/philippines/boracay3.jpg

10. Papua New Guinea
Sebuah permata rahasia untuk para penyelam di Australia dan Pasifik Selatan , wajar bila saat ini Papua New Guinea  menjadi tujuan utama penyelaman. Daerah ini memiliki segalanya. Tidak peduli apapun selera Anda, lautan dalam dan terumbu dangkal, laguna  dan atol, bangkai kapal sisa Perang Dunia ke-II, mungkin terbaik dari semua yang pernah anda selami di seluruh dunia.

http://aquaviews.net/wp-content/uploads/2009/07/Blackjack-B17-Milne-Bay-Papua-New-Guinea.jpg


11. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken Berada di Kel.Bunaken Kecamatan Bunaken sekitar 7 mil dari Pelabuhan Manado yang dapat ditempuh selama 35 menit dari pusat kota dengan menggunakan kapal motor. Pada awalnya Bunaken adalah pulau karang (atol). Luas wilayahnya sekitar 887,5 hektare dengan kondisi morfologi sedikit bergelombang. Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu Taman Laut terindah di dunia.

Sebagian besar wilayah pantainya terdiri dari hutan bakau dan pasir putih. Lautnya terdapat terumbu karang keras dan lembut, dinding karang yang terjal, dengan beraneka bentuk dan warna biota laut diantaranya terdapat ikan hiu, kura-kura, Mandarin Fish, kuda laut, ikan pari, dan yang terkenal adalah ikan purba Raja Laut (Coleacant) dan masih banyak lagi yang membentuk taman laut nan indah. Keindahan taman lautnya dapat dilihat pada lokasi-lokasi yang disebut dengan Lekuan 1, 2, dan 3, Fukui, Mandolin, Tanjung Paragi, Ron’s Point, Sachiko Point, Pangalisang, Muka Kampung, dan Bunaken Timur.
Jenis satwa yang ada di daratan dan pesisir antara lain kera hitam Sulawesi (Macaca nigra nigra), rusa (Cervus timorensis russa), dan kuskus (Ailurops ursinus ursinus). Jenis tumbuhan di hutan bakau Taman Nasional Bunaken yaitu Rhizophora sp., Sonneratia sp., Lumnitzera sp., dan Bruguiera sp. Hutan ini kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska dan berbagai jenis burung laut seperti camar, bangau, dara laut, dan cangak laut.
Penyuka wisata laut atau diving, pasti terpuaskan di Bunaken yang sedikitnya memiliki 40 lokasi penyelaman yang menyajikan berbagai jenis ikan tropis dan terumbu karang. Salah satunya jenis karang hidup, berupa terumbu karang tepi dan penghalang. Paling menarik perhatian adalah terumbu tebung karang vertikal yang membentang sepanjang 50 meter.
Bagi yang tidak suka menyelam pun sudah tersedia boat dengan dasar kaca (katamaran) untuk melihat keindahan dasar laut. Musim kunjungan terbaik ke Bunaken berkisar Mei hingga Agustus. Ini saat paling pas menikmati keindahan Bunaken, saat musim penghujan belum datang.
Segitiga Terumbu Karang
Bunaken memiliki keragaman kehidupan bawah laut yang sangat beragam, karena daerah taman laut Bunaken terletak di segitiga terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, phillipine, Papuanugini, Timur Lesta, dan Kepulauan Solomon. Anda bisa melihat 70% dari jenis ikan di dunia di dalam taman laut Bunaken, dan angka ini tidak termasuk ikan-ikan laut dalam.
Jika anda beruntung anda dapat melihat whale shark, mola-mola, manta ray, dugong dan nautilus di sekitar laut bunaken. Jika anda tidak begitu beruntung, anda masih dapat melihat terumbu karang yang indah dan banyak sekali mahluk-mahluk kecil yang sangat berwarna-warni.
Keberagaman kehidupan di taman laut Bunaken di karenakan taman laut ini merupakan tempat dimana plankton, yang hidup di 300 meter di bawah permukaan laut, naik ke permukaan air sehingga dapat menunjang kehidupan dengan menjadi makanan bagi ikan-ikan kecil. Ditambah dengan bantuan penduduk lokal yang menjaga keindahan taman laut ini, maka taman laut ini menjadi tempat yang aman untuk ikan-ikan sehingga mereka dapat berkembang biak dengan aman.
Bunaken ibarat surga kehidupan bawah laut namun keindahan dan kelestariannya tergantung kehidupan diatasnya. Siapa yang bisa menjaga keindahan Bunaken, selain kita. Untuk itu inisiatif pemerintah dalam menyelenggarakan Coral Trianggle Initiative (CTI) Summit harus didukung semua unsur masyarakat karena CTI adalah upaya bersama dalam menyelamatkan surga bawah laut dari kerusakan.


12. Fernando de Noronha
Ini adalah secuil surga penyelaman di Brasil. Di sini akan kita jumpai begitu banyak biota laut  yang hidup di antara perairan biru, membuat lingkaran di kepulauan ini. Disini kita dapat berenang dengan lumba-lumba, kura-kura dan banyak lagi.





http://www.nomadicmatt.com/images/scuba7.jpg

1 komentar: