Senin, 13 Februari 2012

SOROAKO,,DAWSON CREEK ALA INDONESIA

Sorowako adalah desa di kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Indonesia
Berada di ketinggian ± 300 meter diatas permukaan laut. Desa-desa di sekitar Sorowako yang termasuk dalam Kecamatan Nuha adalah :   Desa Nuha, Desa Matano, Desa Magani
Dusun nya adalah : Sumasang (area perumahan baru, disini jg akan dibangun rumah susun), Camp SecurytiOld CampLawewu / area PasarPontadaSalonsa.    

Dengan adanya perusahaan PT Indonesia Nickel Company / INCO, salahsatu perusahaan tambang biji nikel terbesar dunia yang beroperasi di daerah ini, menjadikan Sorowako yang dulunya berpenduduk sedikit berkembang menjadi kota ramai penduduk (belum sampai padat).  Mencapai 70% penduduk di Sorowako adalah pendatang(dari luar Sorowako) berasal dari berbagai propinsi dalam negeri dan sebagian  berasal dari luar negri  (ekspatriat)
Ekslusive dan dinamis di tengah rimba)

Letak sensualitas (daya tarik) Sorowako, disana terdapat 3 buah danau,  yang masih perawan dengan airnya yang luar biasa jernih yaitu Danau Matano,  Danau Mahalona dan  Danau Towuti. Ketiga danau tersebut dihubungkan oleh  sungai Larona dan bermuara di  Malili, Ibukota Kabupaten Luwu Timur. 




Para "Danau maniak" gak peduli trik matahari
Salah satu pantai danau Matano. "Danau maniak" ngumpul bersendagurau gak peduli teriknya matahari di siang bolong

Selain danau, masih banyak lagi tempat-tempat yang menawarkan keindahan alami alam misalnya Mata Buntu, Bukit Butoh dll. Sedangkan Keindahan alam buatan yaitu  Nursery, tempat menanam berjuta2 bibit pohon dalam rangka recovery hutan purna tambang oleh PT Inco. Proyek yang lumayan menelan dana tidak sedikit ini mendapat sambutan hangat dari pemerintah, yang  pada tanggal 28 april 2008 kemarin mendapat kunjungan ,  H.M.S. Kaban dan team dalam rangka Hari Bumi.



Sorowako sisi pandang dari bukit Butoh
Sorowako sisi pandang dari bukit Butoh

Berbaurnya manusia dari berbagai negara yg membawa tata kebiasan mereka masing  membuat Sorowako jadi perpaduan berbagai budaya/kebiasaan yang unik namun budaya daerah tetap jadi primadona di sini… 

Untuk mencapai sorowako, Kota Nikel, dapat melalui udara. Dari Makassar yg merupakan ibu kota propinsi, dapat ditempuh kira2 1 jam 45 menit by plane, dan akan landing di Air port Sorowako yang terletak  di area Lawewu. Lewat darat,  Jarak tempuh dari Makassar kira-kira 9 jam perjalanan by bus dan akan sampai pada terminal Sorowako yang terletak di area  campsite. Lewat laut dapat menggunakan kapal dan  akan berlabuh di Malili.

Airport Sorowako
Airport Sorowako


Bus terminal Campsite
Bus terminal Campsite

Bila anda menggunakan mobil pribadi dari Makassar ke Sorowako tidak perlu khawatir kehabisan bahan bakar karena Sorowako mempunyai pom bensin satu-satunya yang cukup besar, lengkap dengan fasilitas Toilet dan Mushalla.


Pomp Bensin Sorowako
Pomp Bensin Sorowako

Bagi yang kehabisan uang dapat singgah ke ATM Mandiri yang juga tersedia di Sorowako.
Bank Mandiri Cabang Sorowako
Bank Mandiri Cabang Sorowako

Pasilitas Olah Raga : Lapangan Golf, terletak di area Pontada. Bagi teman-teman yang ingin ber-golf-ria namun dengan biaya sangat murah, Sorowako adalah pilihan tepat.   Lapangan Tennis menyebar di beberapa area yaitu, di Camp Site, Lawewu, Pontada, dan Salonsa. Lapangan Badminton (indoor) berada di D gymn Pontada (dalam lingkungan SD Singkole), F Gymn (gedung serba guna) di area Pasar

Lapangan Golf Pontada
Lapangan Golf Pontada

Terdapat beberapa tempat hunian yaitu : Perumahan Sumasang , Security area, Old Camp, F house (lawewu area), D house (Pontada area) , C , B dan A (Rumah VP) (Salonsa area).Rumah-rumah yang tersebar di beberapa area itu dihuni masyarakat pribumi dan Expatriat, berbaur tanpa batas dan hidup damai tentunya…

Mau merenung sambil menikmati teduh dan birunya danau? atau mau basah-basahan mandi air terjun yang bening di suasana alam segar?, atau mau main golf murah meriah? silahkan berkunjung ke Sorowako……Untuk  Hotel/ Penginapan, ada banyak pilihan, dari yang paling mahal dan murah tersedia di Sorowako.
Perumahan Villa Matano Sumasang
Perumahan Villa Matano Sumasang

Fasilitas pendidikan di Sorowako tersedia mulai dari Play group, TK, SD, SMP, SMA sampai dengan Akademi yang diberi nama ATS (Akademi Teknik Sorowako). ATS berdiri atas kerjasama PT Inco dan Sumitomo Metal Mining, untuk mendidik masyarakat lokal Sorowako dan sekitarnya sehingga menjadi tenaga teknik yang terampil siap bekerja di PT Inco dan kontraktor Nasional maupun lokal.
Play Ground di Pontada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar